Benarkah Noncomedogenic Rahasia Skincare untuk Kulit Berjerawat?

skin care untuk kulit berjerawat

Bagi pemilik kulit yang rentan berjerawat atau acne prone, memilih rangkaian perawatan kulit bukan hanya sekedar apakah jerawat dapat mengempis seketika, tapi juga mencegahnya kembali. Tak jarang segala upaya sudah dilakukan namun tetap tidak mendapatkan hasil yang terbaik.

Meski kini ada banyak produk skincare untuk kulit berjerawat, belum tentu produk tersebut cocok. Beberapa orang justru mengalami breakout atau jerawat yang semakin parah.

Hal yang harus diperhatikan sebelum memilih skincare untuk kulit berjerawat

Setiap orang memiliki kondisi yang berbeda, maka dari itu skincare yang dibutuhkan juga berbeda. Sebelum menentukan skincare apa yang cocok, ada baiknya untuk mengetahui jenis kulit dan jerawat yang Anda miliki.

  • Jenis jerawat non-inflamasi atau inflamasi

Jerawat non-inflamasi mengacu pada pori-pori tersumbat yang muncul sebagai komedo hitam (blackhead) atau komedo putih (whitehead). Keduanya paling mudah dikenali, dimana komedo hitam memiliki tampilan berwarna gelap dan cenderung tidak terasa bila disentuh. Sedangkan komedo putih berwarna putih dan terasa kasar.

Jerawat inflamasi atau peradangan ditandai dengan tampilan berwarna kemerahan. Papula, pustula, nodul, dan kista termasuk dalam kategori jerawat meradang. Jenis jerawat ini bisa sebagai akibat dari jerawat non-inflamasi yang berkembang dan meradang.

  • Tipe kulit kering atau berminyak

Kulit kering sering dikaitkan dengan kulit berjerawat, karena penumpukan minyak berlebih berkontribusi besar terhadap masalah kulit tersebut. Namun kulit kering juga dapat mengembangkan kondisi berjerawat yang bisa disebabkan oleh faktor lingkungan, atau rutinitas perawatan kulit yang tidak sesuai.

Untuk mengetahui tipe kulit, Anda bisa mencuci muka dan biarkan wajah bersih dari penggunaan produk kulit apapun. Beberapa jam kemudian, periksa kulit Anda. Jika terlihat berkilau, maka Anda memiliki kulit berminyak. Jika kulit tampak kasar, bersisik, atau merah, berarti kulit Anda kering.

Kulit kombinasi akan tampak berminyak di area dahi, hidung, dan dagu (T zone) dan kering di area pipi. Sementara kulit normal akan memiliki kilau yang sehat.

Agar lebih mudah, Anda juga bisa menggunakan face paper oil control.

Noncomedogenic bukan pilihan tepat untuk basmi jerawat

Kecocokan skincare tergantung dalam banyak hal. Selain tipe kulit dan jenis jerawat, alergi terhadap bahan tertentu dapat memicu dan memperburuk jerawat. Sama halnya dengan skincare dengan label noncomedogenic atau disebut juga dengan non-acnegenic dan bebas minyak.

Tidak semua orang cocok dengan senyawa berlabel noncomedogenic, misalnya pemilik kulit sensitif harus berhati-hati dalam mengggunakan asam salisilat dan benzoil peroksida. Minyak noncomedogenic juga berisiko menyebabkan alergi, misalnya minyak almond dan minyak neem.

Padahal noncomedogenic selalu direkomendasikan sebagai senyawa yang harus dicari ketika memilih skincare untuk kulit berjerawat. Selain itu tidak ada peraturan yang mengatur penggunaan kata noncomedogenic pada produk perawatan kulit dan kosmetik, termasuk USA Food and Drug Administration (FDA).

Tips merawat kulit berjerawat

Ketika memilih skincare untuk kulit berjerawat, bacalah komposisinya dengan seksama. Berikut ini tips perawatan kulit berjerawat:

  • Cuci muka maksimal dua kali sehari, dan setelah berkeringat
  • Gunakan tangan langsung untuk membersihkan kulit wajah. Menggunakan alat berisiko mengiritasi kulit
  • Gunakan produk skincare yang lembut, seperti bebas alkohol dan astringen
  • Keramas secara teratur. Jika Anda memiliki rambut berminyak maka berkeramaslah setiap hari untuk menghindari minyak jatuh ke area wajah
  • Hindari menyentuh wajah dengan tangan, termasuk memencet dan memecahkan jerawat
  • Gunakan sunscreen setiap keluar rumah
  • Ubah gaya hidup, mulai dari tidak tidur larut malam, makan makanan sehat bergizi, dan menghindari makanan yang bisa memicu timbulnya jerawat

Jika Anda merasa tidak percaya diri dengan kondisi Anda, ada baiknya konsultasikan dengan dokter kulit. Selain memberikan saran perawatan, dokter kulit juga akan menentukan skincare untuk kulit berjerawat yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *