Banyak Khasiat, Ini 6 Manfaat Ginseng Amerika

Ginseng selama ini dikenal sebagai tanaman herbal kaya khasiat yang tumbuh subur di Asia. Ginseng panax atau ginseng Korea menjadi salah satu jenis ginseng yang paling ternama karena beragam manfaatnya. Namun sebenarnya, Anda juga perlu melirik manfaat ginseng Amerika yang tidak kalah dibandingkan jenis ginseng Korea. 

Sesuai namanya, ginseng Amerika merupakan tanaman ginseng yang ditemukan banyak tumbuh di kawasan utara Amerika. Jika ginseng Korea kerap disebut dapat menghasilkan panas tubuh yang berimbas baik bagi kondisi badan, manfaat ginseng Amerika justru dapat membuat tubuh terasa lebih “dingin”. Dengan tubuh yang dingin, beragam khasiat pun bisa Anda rasakan. 

Apa saja manfaat ginseng Amerika sampai layak Anda coba? Berikut ini adalah beragam khasiat yang dapat dihasilkan oleh tanaman berakar kuat yang merupakan anggota dari famili aralaceae ini. 

  1. Meredakan Kelelahan 

Banyak penyebab rasa lelah yang berlebih. Namun umumnya, rasa lelah tersebut terjadi kondisi tubuh yang tidak bugar akibat terserang suatu penyakit tertentu ataupun terlalu banyak beraktivitas. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Supportive Care in Cancer pada tahun 2010, mengonsumsi ginseng Amerika secara rutin selama 8 minggu dapat meningkatkan kondisi kebugaran pasien-pasien kronis. Kondisi kelelahan berlebih pada pasien pun dapat diredakan dengan manfaat ginseng Amerika tersebut. 

2. Menurunkan Kadar Gula Darah 

Ginseng Amerika dapat dimanfaatkan sebagai obat alternatif untuk menurunkan kadar gula darah. Manfaat ginseng Amerika yang satu ini telah terbukti lewat sejumlah penelitian terhadap puluhan pasien diabetes. Saat pasien-pasien tersebut mengonsumsi racikan minuman yang terbuat dari ginseng Amerika selama 12 pekan, terjadi penurunan kadar gula darah yang cukup signifikan. Hanya saja karena objek penelitiannya masih sangat terbatas, tetap dibutuhkan penelitian yang lebih besar untuk membuktikan manfaat ginseng Amerika yang satu ini. 

3. Mengobati Infeksi Saluran Pernapasan 

Demam maupun pilek merupakan gejala yang sering terjadi apabila Anda mengalami infeksi di saluran pernapasan. Kedua gejala tersebut timbul sebagai respons tubuh melawan infeksi ataupun peradangan yang terjadi. Anda bisa mencoba meminum seduhan dari ginseng Amerika untuk mempercepat proses pemulihan akibat infeksi saluran pernapasan. Tidak hanya untuk mengobati, mengonsumsi seduhan ginseng Amerika secara rutin juga bisa mencegah Anda terkena infeksi tersebut. 

4. Mengatasi Demam 

Demam apapun yang terjadi pada diri Anda umumnya timbul karena adanya infeksi virus maupun bakteri di dalam tubuh. Cobalah menyeruput seduhan ginseng Amerika ketika mengalami demam. Manfaat ginseng Amerika untuk menurunkan demam telah terbukti lewat sebuah penelitian yang dilakukan kepada ratusan orang pada tahun 2011. Terbukti bahwa pengonsumsian ginseng Amerika bisa mengatasi demam pada 25 persen responden. 

5. Mengoptimalkan Daya Ingat 

Buat Anda yang mudah lupa, cobalah untuk merasakan manfaat ginseng Amerika yang sangat ampuh membuat kinerja otak lebih baik. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutritional Neuroscience pada tahun 2019, pengonsumsian ginseng Amerika dapat mengoptimalkan daya ingat seseorang, khususnya terkait memori jangka pendek. Hingga saat ini, temuan terkait manfaat ginseng Amerika tersebut masih terus dilanjutkan untuk mengetahui pengoptimalan kinerja otak apa lagi yang dapat diperoleh dari pengonsumsian ginseng Amerika. 

6. Membangun Imunitas Tubuh 

Orang-orang yang rutin mengonsumsi seduhan ginseng Amerika nyatanya akan lebih jarang sakit dibandingkan orang-orang yang tidak pernah mengonsumsi racikan tanaman herbal yang satu ini. Pasalnya, ginseng Amerika memiliki kandungan antioksidan yang mampu membangun imunitas tubuh. Dengan imunitas yang kuat, tubuh pun akan lebih siap melawan berbagai serangan virus dan bakteri sehingga lebih jarang sakit. 

*** 

Manfaat ginseng Amerika tidak kalah bukan dibandingkan khasiat ginseng Korea? Jangan ragu untuk mencoba khasiat dari tanaman herbal yang satu ini, ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *