Bagaimana Chia Seed untuk Diet Dapat Menurunkan Berat Badan Anda?

Melakukan program diet atau penurunan berat badan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan mengonsumsi chia seed untuk diet. Biji chia atau chia seed belakangan ini menjadi sangat populer untuk melakukan diet. 

Seperti diketahui, biji chia mengandung serat yang sangat tinggi, pun dengan protein yang terkandung di dalamnya. Namun, bagaimana biji chia dapat membantu Anda menurunkan berat badan? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. 

Chia seed untuk diet

Chia seed atau biji chia tidak hanya sehat, tetapi mereka juga mudah dimasukkan ke dalam makanan Anda. menambahkan biji-bijian dalam makanan Anda adalah cara yang baik untuk mendapatkan nutrisi yang sehat untuk menjaga kebugaran tubuh. 

Chia seed berguna untuk kesehatan pencernaan Anda, laju metabolisme, zat besi tinggi, mengandung omega-3 dan lemak baik. Karena alasan itulah chia seed sangat baik untuk diet Anda dan mengurangi lemak di perut Anda. Nah, berikut bagaimana chia seed membantu diet Anda. 

  • Tinggi serat

Chia seed kaya akan serat, yang membantu Anda tetap kenyang untuk waktu yang lebih lama. Dua sendok makan biji chia mengandung hampir 10 gram serat. Diet tinggi serat telah dikaitkan dengan penurunan berat badan. Makan makanan kaya serat adalah salah satu cara paling sederhana untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat yang ada di dalam biji chia juga mengandung pencernaan dan keteraturan usus yang lebih baik. 

  • Asam lemak omega-3

Biji chia memiliki asam alfa-linoleat (ALA) dalam jumlah tinggi, asam lemak omega-3. Karenanya, mereka bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Asam lemak omega-3 memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan peradangan pada tubuh dan menambah berat badan. Sebagai manfaat tambahan, biji chia memiliki banyak nutrisi seperti magnesium, kalsium, fosfor, dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. 

  • Tinggi protein

Biji chia kaya protein yang membantu mengurangi nafsu makan dan asupan makanan, kandungan protein dalam biji sehat ini mendorong pertumbuhan dan perkembangan, membangun massa otot, dan dengan demikian mengurangi lemak tubuh Anda dengan banyak cara. 

Protein diklaim sebagai makronutrien paling efektif untuk menurunkan berat badan yang dapat mengekang nafsu makan. Selain itu, biji chia bebas gluten, menjadikan sumber protein yang baik untuk penderita penyakit celiac atau kepekaan biji-bijian. 

Apakah ada efek samping mengonsumsi biji chia?

Umumnya, biji chia tidak menyebabkan reaksi atau memicu gejala apa pun, seperti pada  beberapa makanan lain yang dikenal sebagai alergen aau memicu gejala terkait GI. Meskipun begitu, peningkatan asupan serat yang tiba-tiba dan drastis berpotensi menyebabkan beberapa gejala yang mungkin muncul, terutama pada orang yang sebelumnya mengonsumsi sangat sedikit serat. 

Di mana terlalau banyak serat sering kali menyebabkan diare dan kembung. Anda juga mungkin merasa lebih kenyang dari biasanya setelah makan biji chia. Jadi, jangan berlebihan dalam mengonsumsi biji chia. 

Apa yang terjadi jika Anda mengonsumsi chia seed secara rutin?

Biji chia memiliki nilai antioksidan dan kandungan omega-3yang realtif tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung, melawan lemak jahat dan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu chian seed juga mengandung nol kolesterol yang merupakan cara terbaik untuk menjaga berat badan ekstra. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa biji chia sangat bermanfaat dalam membersihkan penumpukan racun di usus dan menjaga jaringan adiposa visceral yang tersimpan di sekitar area perut. Selain itu, saat Anda mengonsumsi biji chia setiap hari dapat membantu mengontrol diabetes dan tingkat tekanan darah. 

Jadi, kesimpulannya chia seed untuk diet dapat digunakan untuk menurunkan berat badan Anda. Tidak hanya itu, jika Anda mengonsumsinya secara rutin dapat membantu Anda dalam mengontrol tekanan darah dan diabetes. Namun, meski begitu Anda tidak boleh mengonsumsi secara berlebihan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *