6 Manfaat Asam Oleat Terbaik Bagi Kesehatan

Anda mungkin pernah mendengar tentang manfaat asam oleat. Ya, begitu banyak manfaat yang diberikan untuk kesehatan tubuh Anda. Tahukah Anda jika asam oleat merupakan asam yang memiliki komponen paling melimpah dalam minyak zaitun?

Asam oleat adalah asam lemak omega-9 yang ditemukan di alam dan sebagian besar sel Anda juga. Lalu, apa saja manfaat asam oleat yang baik bagi tubuh? Temukan jawabannya di bawah ini.

Apa itu asam oleat?

Asam oleat adalah asam lemak tak jenuh tunggal yang terjadi secara alami pada lemak dan minyak hewan serta sayuran. Secara alami tidak berbau dan tidak berwarna, meskipun produk komersial yang dibuat dengannya mungkin berwarna kekuningan. 

Namun, secara ilmiah, ini adalah asam lemak omega-9 tak jenuh tunggal. Asam oleat disebuat asam lemak omega-9 karena memiliki ikatan rangkap karbon-karbon pada ikatan kesembilan dari ujung metal asam lemak. 

Asam oleat dibutuhkan oleh sel-sel tubuh untuk fluiditas membran yang tepat-memastikan membran sel memiliki lapisan yang cukup tebal. Ini penting untuk melawan patogen, mengangkut mineral, dan merespon hormon. Asam oleat juga berungsi sebagai sumber energi utama untuk sel kita, dan digunakan untuk produksi dan biosintesis banyak metabolit esensial 

Keuntungan dan manfaat asam oleat

  1. Mengurangi tekanan darah

Salah satu manfaat asam oleat yang paling terkenal adalah kemampuannya untuk meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam oleat yang tinggi. 

  1. Menurunkan kolesterol

Jika Anda ingin menambahkan makanan penurun kolesterol ke dalam makanan Anda, bisa menambahkan kacang-kacangan dan minyak yang tinggi asam oleat. Para ilmuwan menemukan bahwa jika dibandingkan dengan jenis diet tinggi lemak sehat lainnya, diet kaya oleat memiliki efek penurunan kolesterol yang sama, sekaligus menjaga kadar kolesterol HDL dan mengurangi trigliserida. 

  1. Meningkatkan pembakaan lemak

Makanan yang mengandung lemak sehat adalah salah satu cara untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Namun, untuk asam oleat yang dapat membantu mengontrol kelebihan insulin, dan untuk menurunkan berat badan. 

Selain itu, asam oleat juga dapat menambahkan lemak sehat ke dalam makanan Anda dan membantu mengurangi rasa lapar, keinginan untuk makan, dan makan secara berlebihan karena kekenyangan serta dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

  1. Membantu mencegah diabetes tipe 2

Jika Anda mengalami gejala prediabetes atau didiagnosis menderita diabetes tipe 2, dapat menambahkan lebih banyak asam oleat ke dalam makanan Anda dan hal tersebut dapat membantu mengontrol diabetes. Penelitian menunjukkan, asam oleat lemak tak jenuh tunggal memiliki efek menguntungkan pada sensitivitas insulin dan diabetes tipe 2. 

Hal ini disebabkan oleh anti-inflamasi asam dan kemampuannya untuk mencegah aksi jalur persilangan insulin. Itu juga berarti mengosumsi asam oleat dapat membantu mengatur jumlah insulin yang dilepaskan untuk meningkatkan pengambilan glukosa dari aliran darah Anda. 

  1. Meningkatkan fungsi otak

Sebuah penelitian menunjukan adanya hubungan terbalik antara konsumsi asam lemak tak jenuh tunggal dan penurunan kognitif. Selain itu, diemukan bahwa lemak sehat ini tampak melindungi terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia dan dapat berfungsi sebagai pengobatan Alzheimer. 

  1. Melawan infeksi

Tahukah Anda jika manfaat asam oleat dan asam lemak bebas lainnya dapat memabntu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Asam oleat terbukti memiliki sifat antibakteri dan efek perlindungan alami.

Begitu banyak sekali manfaat asam oleat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Meskipun begitu, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi asam oleat terlalu banyak karena dapat menyebabkan sakit perut. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *